News Update :
Home » » Jumlah TKI Kuningan Menurun

Jumlah TKI Kuningan Menurun

Penulis : Unknown on Tuesday, September 24, 2013 | 09:45

KUNINGAN – Jumlah warga Kuningan yang menjadi TKI di luar negeri  terus menurun. Hal ini berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kuningan. Penyebab tidak bertambahnya jumlah TKI tidak diketahui pasti.

Apakah minat berkurang karena banyak kasus kekerasan yang menimpa TKW, ataupun memang banyak yang memilih jalur ilegal. Padahal berdasarkan UU No 39 tahun 2004, tenaga kerja yang akan bekerja ke luar negeri harus melalui dinas yang bersangkutan.  Akan banyak keuntungan yang diperoleh oleh tenaga kerja dengan melapor. Apabila mereka terkena sesuatu akan mudah untuk dibantu.

“Dari data yang ada di kami jumlah TKI tidak bertambah yang ada hanya data lama sekitar 300-an orang,” kata Kadisnakertransos Kuningan Drs H Dadang Supardan MSi, akhir pekan kemarin.

Dadang menyebutkan, dengan minimnya jumlah pendaftar hanya bisa menyimpulkan bahwa minat warga Kuningan untuk menjadi TKI menurun. Mengenai jumlah TKI yang mengunakan KTP daerah lain atau pun ilegal, ia tidak bisa memastikan.

Menurutnya, bisa saja warga Kuningan daftar menggunakan KTP dari daerah lain. Namun, dengan sistem online tentu cukup sulit. Sebagai lembaga resmi ia berharap warga melapor ke Disnakertransos.

“Kalau ilegal tentu akan merugikan sendiri, karena kalau terjadi sesuatu sulit untuk melacak alamat keluarga,” jelasnya.

Meski belum pernah terjadi kasus yang menimpa TKW seperti daerah lain namun dengan ada antisipasi akan membuat TKI aman. Guna memberikan pemahaman tersebut, pihaknya sudah berusaha melakukan sosialisasi baik kepada perusahaan yang memberangkatkan tenaga kerja ke luar negeri maupun sosialisasi kepada masyarakat secara langsung.

“Setiap ada kesempatan bertemu dengan masyarakat saya selalu katakan itu. Ini penting bagi mereka. Kami tidak akan meminta apa-apa, hanya data agar kalau terjadi sesuatu gampang,” tambahnya.

Dadang menyebutkan, minat warga Kuningan memang tidak sebanyak warga Cianjur atau Indramayu. Warga Kuningan lebih memilih ke Jakarta.  (mus)

Sumber : Radar Cirebon

Panduan Praktis Ajaib Al Quran Menjadi Manusia Cerdas 486x60
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use |Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Seputar Kuningan . All Rights Reserved.
Design Template by Bisnis Online | Support by Catatan Kang Agus | Powered by Blogger | Link Diet Menurunkan Berat Badan