News Update :
Home » , » Kiriman Uang dari TKI Melonjak, Jelang Lebaran

Kiriman Uang dari TKI Melonjak, Jelang Lebaran

Penulis : Unknown on Monday, July 6, 2015 | 20:44

KUNINGAN – Menjelang lebaran, kiriman uang dari TKI yang masuk ke Kabupaten Kuningan terus meningkat. Dari data Kantor Pos Kuningan, kiriman uang yang masuk melalui Western Union (WU) selama bulan Juni naik tajam.

Kepala Kantor Pos Cabang Kuningan, Mohamad Barman melalui Manajer Pelayanan Kantor Pos Kuningan, Wendi Trimurni menyebutkan, kiriman dana yang masuk pada bulan Juni mencapai Rp5,3 miliar. Padahal, biasanya paling tinggi setiap bulannya adalah Rp4 miliar.

“Peningkatan kiriman karena menjelang bulan puasa, masuk sekolah, dan lebaran,” ucap  Wendi kepada Radar, kemarin (3/7).

Menurut dia, selama bulan Juni jumlah transksi sebanyak 1.199. Dengan rata-rata minimal 20 hari dengan minimal dana ratusan juta yang dikirim. Untuk bulan Juli sendiri, kata Wendi, meski baru tiga hari peningkatannya sangat luar biasa. Rata-rata satu hari dana yang dikirim ke Kuningan sebesar Rp350 juta.

“Saya prediksi kiriman uang akan semakin banyak menjelang lebaran. Bisa-bisa mencapai enam miliar rupiah lebih,” sebutnya.

Sementara itu, kiriman uang dalam jumlah sebesar tersebut didominasi dari para TKI yang bekerja di timur tengah. Meski di negara Eropa dan Asia pun ada, kiriman negara timur tengah mendominasi.

Dikatakan, jumlah transaksi  sebanyak itu dilakukan di 16 kantor cabang Kantor Pos yang tersebar di 32 kecamatan. Sebab, dengan sistem online, warga bisa mencairkan dimana saja dengan cepat dan aman.

“Kalau di Kuningan itu, jumlah TKI menyebar dan ada di tiap kecamatan,” kata dia.

Dari pantuan Radar, selain kiriman uang, sebelum lebaran ini kiriman paket dari luar kota ke Kuningan juga menumpuk. Kiriman paket tersebut mulai dari makanan, baju hingga surat ucapan lebaran.

“Untuk paket sudah terjadi sejak pekan lalu. Kemungkinan masa puncak terjadi mulai tanggal 12 Juli,” tandas salah pegawai pos yang tengah mengepak paket.

Sekadar informasi, Kantor Pos yang memiliki jaringan luas bisa melayani kiriman apa saja, sehingga warga bisa secara leluasa mengirimkan paket. “Bukan hanya mudah tapi juga harga terjangkau,” kata dia.

“Sebenarnya, kiriman uang di Kantor Pos bukan dari luar negeri ke Indonesia, namun dari Indonesia juga banyak ke luar negeri. Begitu juga pengiriman uang melalui wesel instan atau daerah di Indoensia,” ucap Wendi lagi.

Sumber: http://www.radarcirebon.com/



Panduan Praktis Ajaib Al Quran Menjadi Manusia Cerdas 486x60
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use |Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Seputar Kuningan . All Rights Reserved.
Design Template by Bisnis Online | Support by Catatan Kang Agus | Powered by Blogger | Link Diet Menurunkan Berat Badan